Rabu, 25 April 2012

DAGO PAKAR

sumber : http://tempatwisatadibandung.info/wp-content/uploads/2015/03/tempat-wisata-alam-air-terjun-dago-pakar-di-bandung1-e1425731844239.jpg

 
sumber : https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgX-Ajg5qO867nESwAaf0dJh63Z5pZSA63V-o2Be8O7yZenOlb62fCfEDFYYu1KKHkNp0QwRHadEkDu1cjei2VJKl4SLGec8oUkfqVHAiqKOc2Bk_6YuLONA8AP9ujiA5cp5AhjxuZ3GoAX/s1600/20150419_104409.jpg
Bagi sebagian besar masyarakat Bandung, pasti tidak asing lagi mendengar tempat yang bernama Dago Pakar dan kawasan wisata Maribaya. Dago Pakar atau yang sebenarnya bernama Taman Hutan Raya (Tahura) Ir. H. Djuanda adalah sebuah kawasan hutan yang masih tersisa di kota Bandung. Terletak di daerah Bandung Utara, taman hutan raya ini merupakan taman hutan raya yang pertama di Indonesia. Diresmikan oleh Presiden Soeharto bertepatan dengan tanggal kelahiran Ir. H. Djuanda. Sedangkan Maribaya adalah sebuah kawasan wisata terusan Dago Pakar di daerah Lembang yang menyajikan pesona air panas dan beberapa air terjun. Untuk mencapai Dago Pakar dari Bandung, bisa dimulai dari Terminal Dago. Yang kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki atau menyewa ojek sejauh kurang lebih 500 meter.

Kawasan Dago Pakar sangat sejuk karena pohon-pohon yang besar dan rindang tumbuh. Begitu juga kolam ikan yang luas yang bisa kita jadikan tempat wisata sepeda air. Taman hutan raya ini sesuai fungsinya sebagai taman hutan raya merupakan tempat konservasi flora dan fauna, pendidikan dan penelitian botani, serta rekreasi di alam terbuka. Bukan bertujuan utama sebagai sarana mendapatkan keuntungan finansial.

Masih di kawasan Dago Pakar, terdapat gua peninggalan penjajah Jepang. Dibangun oleh pekerja pribumi dahulu yang dikenal dengan nama romusha. Gua yang berupa lorong-lorong sebagai pertahanan perang zaman dulu yang tidak begitu panjang yang di dalamnya terdapat ruangan-ruangan. Kita bisa menyusuri gua-gua tersebut. Tidak perlu khawatir akan gelap karena ada banyak penyedia jasa penyewaan lampu senter di sekitar mulut gua.

10 komentar:

  1. Halo Admin http://tour-in-bandung.blogspot.com

    Kami dari Vemale.com, situs wanita grup dari KapanLagi.com.
    Apakah kita bisa kerjasama untuk bertukar link?

    Anda bisa menampilkan link Vemale.com di http://tour-in-bandung.blogspot.com
    Untuk posisi link-nya, kami berharap link dari Vemale.com diletakkan di sidebar kanan.
    Dan kami akan menampilkan link http://tour-in-bandung.blogspot.com di halaman Vemale.com: http://www.vemale.com/kuliner/icip-icip, sesuai dengan Travel & Kuliner.

    Jika berkenan silahkan menghubungi kami via email di humas@kapanlagi.net dengan menyertakan email ini.

    Terima kasih atas kerjasamanya :)

    Salam,
    -- Humas Vemale.com
    Ari Rahmawati

    BalasHapus
  2. dago pakar tempat wisata yang dari jaman dulu itu terkenal..ada kata-kata yang ga boleh di ucpkan disana

    BalasHapus
  3. Website yang informatif semoga tetap dirawat dan ada update beritanya.

    BalasHapus
  4. Terimaksih atas informasinya berkaitan dengan DAGO PAKAR
    Ditungu kunjungan baliknya

    BalasHapus
  5. Terimaksih untuk informasinya berkaitan dengan DAGO PAKAR
    Ditungu kunjungan baliknya

    BalasHapus
  6. Terimaksih atas informasinya mengenai DAGO PAKAR
    Ditungu kunjungan baliknya

    BalasHapus

komentar anda sangat berarti bagi kami :)